Loading...

Kawasan Industri Dumai Memberikan Sosialisasi Tentang Pemilahan Sampah Mulai dari Rumah Tangga

27/12/2023 – Pemilahan sampah merupakan kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah, atau sifat sampah.

Mengelola sampah dengan benar adalah salah satu cara penting untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah.

Cara pengelolaan sampah dengan 3R meliputi:

  1. Reduce atau mengurangi sampah, dengan cara mengurangi sampah atau menghemat pemakaian barang. Hal ini dapat dilakukan ketika belanja kebutuhan pokok untuk membawa tas belanja sendiri serta hindari menggunakan tas kresek.
  2. Reuse atau pemanfaat ulang, dilakukan dengan memanfaatkan botol bekas menjadi perangkap nyamuk (OVITRAP), memanfaatkan kaleng bekas sebagai pot bunga, memanfaatkan kertas sebagai amplop dan memanfaat jerigen sebagai pengki/serokan sampah
  3. Recycle atau daur ulang, dengan mengolah sampah organik yang dihasilkan dari dapur  rumah tangga dan lingkungan menjadi pupuk organik padat  (POP) dan pupuk organik cair (POC)

Pengolahan sampah dilakukan guna  untuk menghemat sumber daya alam. Jika tidak dikelola dengan baik, sumber daya alam yang dikuras terus-menerus akan mengalami krisis.

Tim Kawasan Industri Dumai dalam hal ini memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pemilahan sampah mulai dari rumah tangga, sebagai pemateri Bapak Nursadi Muslim, Bapak Darwin Simaibang & Bapak Bony Trianda mewakili dari Tim dari Kawasan Industri Dumai, serta dihadiri oleh ibu-ibu yang ada di Perumahan Bukit Quary Pelintung.

Harapannya dengan pemilahan sampah ini agar dapat mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya. Selain memudahkan pengelolaan sampah selanjutnya, pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur antara sampah organik dan anorganik.