Loading...

Kawasan Industri Dumai Mengadakan Seminar Lingkungan dan Simulasi Penanganan Kebakaran di Sekolah

25/01/2024 – Kawasan Industri Dumai mengadakan seminar lingkungan dan simulasi penanganan kebakaran di 3 sekolah yang ada di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Sekolah tersebut diantaranya SDN 003 Pelintung, MtsN 2 Pelintung & SMK IT Zunurain Aqila Zahra Pelintung yang dilakukan pada 23 Januari 2024-25 Januari 2024.

Pada kegiatan ini juga Kawasan Industri Dumai memberikan bantuan APAR kepada masing-masing sekolah. Harapannya untuk mencegah dan memadamkan kebakaran yang masih kecil yang ada di masing-masing sekolah tersebut.

Firman Saragih sebagai pemateri mengenai simulasi penanganan kebakaran menyampaikan tentang pentingnya memberikan pengetahuan sebab-sebab terjadinya kebakaran dan pencegahan yang perlu dilakukan apabila terjadi kebakaran. Api yang tidak terkontrol dan  tidak dikehendaki dapat menimbulkan kerugian baik harta benda maupun korban jiwa. Firman Saragih juga menambahkan sumber panas penyebab terjadinya kebakaran adalah api terbuka, listrik, pengelasan, merokok, sabotase, reaksi kimia & alam.

Samuel Ivan Gilberth sebagai pemateri mengenai lingkungan menjelaskan bahwa sampah adalah sisa produk atau barang yang tidak digunakan, namun masih bisa di daur ulang menjadi barang yang bernilai. Sedangkan sampah terbagi menjadi 4 jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik, sampah B3 & sampah residu.

Samuel Ivan Gilberth juga menambahkan bahaya dari sampah dapat menimbulkan pencemaran air tanah, menimbulkan pencemaran udara, bahaya mikroplastik, menimbulkan pencemaran tanah, menimbulkan bau tidak sedap, menyebabkan banjir, tumpukan sampah menjadi sarang binatang dan bakteri sumber penyakit & menyebabkan pemanasan global.